Wednesday, December 21, 2016

DANAU SINGKARAK 2016


Travel kali ni dapat juga tengok danau-danau besar di Sumatera Barat selain Danau Maninjau ialah Danau Singkarak.

 

Danau Singakarak terletak di Propinsi Sumatera Barat yang dinaungi oleh dua Wilayah iaitu  Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Danau Singkarak merupakan danau terluas ke-2 di Sumatera setelah Danau Toba yang berada pada ketinggian 36,5 meter dari permukaan laut dan luas 129,69 km.


 
airnya berombak padahal tasik je pun...nak cite besar dan dalamnya tasik ni.... 

Danau ini merupakan hulu dari sungai/batang Ombilin yang merupakan sumber pengairan yang penting bagi lahan pertanian yang dilalui oleh aliran sungai ini. Air danau ini sebagiannya juga dimanfaatkan sebagai elektrikhidro  yang dialirkan melewati terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.

 

rakit tu digunakan oleh penduduk untuk tangkap bilis

Selain pemandangannya yg indah , kehijauan alam Bukit Barisan, Danau Singkarak juga menyimpan sebuah keunikan spesies ikan yang ada di dunia yakni IKAN BILIH (latin ; Mystacoleucus padangensis) Species Ikan ini hanya satu satunya di dunia (namun menurut beberapa sumber kiranya jenis ikan ini juga ada di Brazil). Ikan ini merupakan andalan utama mata pencarian penduduk sekitar Danau Singkarak, selain rasanya yang tersendiri dan  rangup  Ikan ini juga boleh menjadi  buah tangan .


 belakang tu Danau Singkarak


 kedai jual ikan bilis

tepi tasik Singkarak


No comments: